Nomer Kontak Hp Tsel Pengacara Balikpapan Samarinda

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini


Follow Facebook Pengacara Balikpapan Samarinda

Cara Mengatasi Penyebab dan berhenti Kecanduan Jenis Jenis Ngelem @ dampak efek lem fox castol by pengacara balikpapan

Artikel Cara Mengatasi Penyebab dan berhenti Kecanduan Jenis Jenis Ngelem @ efek lem fox castol by pengacara balikpapan yang akan dibahas:
1.jenis jenis ngelem
2.penyebab ngelem
3.cara mengatasi kecanduan ngelem
4.dampak ngelem
5.cara berhenti kecanduan ngelem
6.ngelem termasuk narkoba
7.efek ngelem fox
8.arti ngelem bahasa jawa

Apa itu arti Ngelem?

Mungkin kita sering membaca kata ini “Ngelem” dimedia massa online maupun offline. Awalnya penulis binggung dengan istilah ini apakah “ngelem” yang dimaksud ini seperti aktivitas anak saya yang di PAUD yakni merekatkan dua benda atau lebih dengan menggunakan lem untuk ditempelkan dibuka tugasnya????
Namun jika kita membaca berita tersebut secara keseluruhan maka akan berubah 360 derajat bayangan yang ada di kepala kita ternyata yang dimaksud “ngelem” disini adalah aktivitas kegiatan menghirup uap lem, zat pelarut, atau zat sejeninsya dengan maksud untuk mendapatkan sensasi baru atau kesenangan hati, sehingga tidak jarang pelakunya akan mengalami ketergantungan.
cara mengatasi dampak jenis penyebab kecanduan ngelem
Lem ini mengandung bermacam-macam zat kimia yang sangat berbahaya jika dikonsumsi. Di dalamnya terdapat  Lysergic Acid Diethyilamide  atau LSD dan berbagai macam Volatile Hidrokarbon termasuk diantaranya, toluene aceton, alifatik acetat, benzine, petroleum naftat,  perklorethylen, trikloretane, karbontetraklorida. Selain berisi Volatile Hidrokarbon, juga mengandung Diethyleter, Kloroform, Nitrous Oxyda, macam-macam Aerosol, Insektiside. Bahan-bahan ini bersifat menekan sistem susunan saraf pusat yang sebanding dengan efek alkohol meskipun gejalanya berbeda. Umumnya efek akut bahan ini serupa dengan inhalasi ether atau mitrous oxyda (obat anastesi/bius umum) yang berupa euforia ringan, mabuk,  pusing kepala tapi masih dapat mengontrol pendapatnya.
Inhalan atau inhalansia adalah zat adiktif dalam bentuk cair, zat ini mudah menguap. Penyalahgunaanya adalah dengan cara dihirup melalui hidung. Zat adiktifnya anatara lain : lem UHU, cairan pencampur, Aceton untuk pembersih warna kuku, cat tembok, Aica Abon, Castrol, Premix, TIPE-EX, Tinner. (makalah Perilaku ngelem pada anak jalanan oleh Febrianto manik).

Penyebab ngelem

Penyebab ngelem pada anak-anak itu bisa dari internal maupun eksternal.
1.    Internal
•    Awalnya mereka ingin mencoba merasakan karena adanya contoh yang dilihat baik dari lingkungan pergaulannya maupun dari media-media yang dia baca.
•    Karena adanya problematika hidup yang membuatnya sedih, pusing, stress yang tidak ada tempat untuk berbagi cerita secara bebas dan lepas  tanpa harus takut dihakimi  dan dinasehati  dengan cara-cara yang tidak nyaman menurut mereka.
•    Ada juga yang ingin menunjukkan eksistensinya atau ingin diterima dalam satu kelompok yang memiliki kebiasaan buruk ini.
2.    Eksternal
•    Lingkungan pergaulan yang sangat mempengaruhi anak yang masih dalam masa-masa labil
•     Tidak adanya kedekatan emosional dan kurangnya perhatian orang-orang terdekatnya dalam lingkup kecil (keluarga) sehingga anak-anak mencari tempat yang “nyaman” dan “lepas” mengekpresikan perasaannya dan emosinya.
•    Pertengkaran dan inharmonisasi yang terjadi dalam keluarga kecil maupun keluarga besarnya sehingga mencari pelampiasan emosinya diluar rumah hingga terperangkap dalam kenakalan remaja.
•    Besar dalam keluarga yang harmonis juga tidak menjamin anak tidak terjerumus dalam kenakalan remaja karena kesalahan dalam memilih komunitas pertemanan.
•    Fungsi sekolah sebagai tempat yang nyaman dan aman serta menyenangkan sehingga mencetak generasi penerus bangsa yang tidak hanya pandai namun berbudi luhur dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan berubah menjadi tempat yang menakutkan karena hukuman yang tidak bijak, kalimat-kalimat pendidik yang tidak memotivasi bahkan mendiskreditkan anak didik  serta target-target pendidikan yang masih berorientasi pada hasil tidak menghargai proses ditambah lagi anak merasa terancam oleh teman-teman yang suka melakukan bullying.
•    Mudahnya mendapatkan barang-barang tersebut dengan harga yang terjangkau juga hal ini menjadi sebab bagi yang sudah kecanduan semakin tergantung pada aktivitas “ngelem” ini.
•    Imbas dari mudahnya mengakses informasi yang tidak dilakukan secara arif, bijaksana dan mengambil sisi positifnya serta tidak dibarenginya dengan penanaman nilai-nilai luhur dari ajaran agama.
•    Hilangnya kontrol dari masyarakat karena semakin meningkatnya virus individualisme, sehingga kadang abai terhadap masyarakat sekitarnya karena kesibukan masing-masing individu sehingga fokus hanya pada keluarga kecilnya sja.

Adakah sanksi bagi pelaku penghisap Aroma Lem

Sepengetahuan Penulis, belum ada aturan yang khusus mengatur dan memberikan ancaman pidana pada aktivitas “ngelem” ini. Yang ada di Indonesia adalah aturan terkait dengan Narkotika dan psikotropika. Namun melihat salah satu kandundan dalam lem, yakni toluene dalam industri farmasi sering digunakan untuk pembuatan pemanis buatan sacharin dan anastesi lokal. Dimana senyawa ini dapat merusak saluran pernafasan, menyebabkan kanker dan merusak susunan saraf pusat dan bahkan menyebabkan kematian.
Toluene, dalam Lampiran II Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (“UU Narkotika”), merupakan salah satu jenis prekursor narkotika. Prekursor narkotika adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan narkotika yang dibedakan dalam tabel sebagaiman terlampir dalm UU Narkotika (Pasal 1 angka 1 UU Narkotika). (hukumonline).
Kebanyakan yang tertangkap melakukan aktivitas “ngelem” ini adalah pelajar, anak-anak jalanan, kebanyakan penegakan hukum yang dilakukan sejauh ini hanyalah pembinaan dan dikembalikan ke orangtuanya atau direhabilitasi jika sudah parah.
Jumat, 08 Maret 2019 10:19
Biar Aman, Tiga Siswi SMP Ngelem di Kamar Indekos

NYAMAN : Lem di kamar indekos siswi SMP di salah satu indekos di Balikpapan Kota baru-baru ini.
Seperti berita yang kita dapatkan dari PROKAL.CO pada hari Jumat, tanggal 08 Maret 2019 ini Tiga siswi SMP yang diamankan karena ngelem di Kamar Indekos ini  mendapat pembinaan setelah dibawa ke unit PPA Polres Balikpapan dan BNNK menyedikan jasa rehabilitasi bagi mereka yang kecanduan ngelem. (https://balikpapan.prokal.co)

Dampaknya bagi pelaku yang suka ngelem

•    Psikologis
suka mengkhayal,
ketergantungan,
emosi yang tidak stabil,
sulit untuk berpikir,
sering melamun,
tidak ada nafsu makan
•    Bagi kesehatan
Menurut dokter dr. Sesi yang kami kutip dari lamankaltim.tribunnews
•    Gejala awal muncul mual-mual hingga muntah
•    Sesak nafas ringan hingga berat.
•    Pusing bahkan halusinasi.
•    Peningkatan denyut jantung hingga menimbulkan kehilangan kesadaran
•    Kerusakan sistem syaraff dan otak.
•    menimbulkan depresi dan gangguan kejiwaan.
•    Susah berkonsentrasi sehingga menimbulkan penurunan kecerdasan

Kecanduan “ngelem” akan berakibat lebih parah yaitu :

o    Kelemahan otot, yaitu pengguna sering merasa capek, lemas dan lelah.
o    Emosi tidak stabil mudah marah atau ngamuk tidak jelas atau gangguan kejiwaan.
o    Penurunan kecerdasan tingkat agak parah atau bahasa gaulnya sering “ngeblank”.
o    Penyakit gagal jantung.
o    Penyakit gagal ginjal.
o    Serta Kerusakan pada organ hati, efeknya kurang lebih seperti penggunaan shabu dengan dosis yang tinggi. 
Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Remaja Tertangkap Saat Asik Ngelem Kian Marak, Apa Efek Sampingnya? Ini Pesan Dokter RSUD AWS, https://kaltim.tribunnews.com/2019/11/04/remaja-tertangkap-saat-asik-ngelem-kian-marak-apa-efek-sampingnya-ini-pesan-dokter-rsud-aws?page=4.
Efektifitas penegakan hukum terhadap perilaku ngelem
Dibeberapa daerah telah dibuat perda terkait dengan perilaku ngelem ini salah satunya seperti di Kalimantan Timur Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pencegahan penyalahgunaan Inhalan yang diharapkan dapat menurunkan kuantitas anak remaja yang suka ngelem. Namun beberapa peraturan yang ada sifatnya belum efektif kepada pencegahan namun lebih kepada pengobatan karena masih banyak PR yang harus kita selesaikan terkait dengan pencegahan perilaku ngelem ini.

Cara mengatasi kecanduan ngelem

Cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah:
•    Mengembalikan fungsi keluarga sebagai tempat memperkuat ikatan cinta, membangun hubungan kasih sayang sehingga diharapkan anak mengenal kasih sayang dan memberi tahu anak bahwa perilaku ngelem  ini tidak baik dari semua segi dan mempertebal keimanan masing-masing anggota keluarga.
•    Keluaga berkonsultasi dengan dokter ataupun psikiater bila anak telah melakukan aktivitas ngelem ini.
•    Mengubah pendidikan formal dan non formal menjadi pendidikan yang menitik beratkan pada pendidikan karakter.
•    Para penegak hukum memberi sanksi supaya jera dan memberi motivasi untuk menjauhi perbuatan tersebut.
•    Bersama membangun masyarakat yang sehat bagi tumbuh kembang generasi muda dimulai dengan didikan terbaik dari keluarga dan didukung oleh lingkungan yang sehat sehingga anak memiliki dampak positif ketika bergaul dilingkungan.
•    Sosialisasi dari berbagai kalangan tentang bahaya ngelem baik dikalangan pelajar maupun dilingkungan masyarakat.
•    Pemberlakuan jam malam dibeberapa daerah merupakan salah satu jalan meminimalisir timbulnya kegiatan-kegiatan negatif dari kumpul-kumpul bersama teman.
•    Lebih banyak mengikut sertakan anak-anak pada kegiatan-kegiatan positif untuk mengasah bakat dan minta anak-anak guna meminimalisir pertemuan anak-anak pada teman-teman yang tidak bermanfaat.
•    Lebih mengontrol penggunaan sosial media dan sarana serta prasarana komunikasi dunia maya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Penyebab dan berhenti Kecanduan Jenis Jenis Ngelem @ dampak efek lem fox castol by pengacara balikpapan"

Posting Komentar

Silahkan Hubungi Pengacara Balikpapan Samarinda dengan klik gambar ini

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini

pasal hukum ite oleh Pengacara Balikpapan Samarinda hp/wa tsel 0812345 3855

pasal hukum ite oleh Pengacara Balikpapan Samarinda hp/wa tsel 0812345 3855 Pengacara Perceraian Perdata Pidana Balikpapan Samarinda membaha...